Thursday, June 16, 2011

Cara Menghapus History (Cache dan Cookies) pada Browser

Apabila anda sering mengalami masalah saat browsing seperti gagal login (error login) saat akan mengakses akun anda, gagal saat membuka halaman atau yang lainnya, hal itu terjadi dikarenakan selama pemakaian banyak jejak/history yang tersimpan pada cookies dan cache browser tersebut sehingga memberikan beban saat proses.

Beban tersebut harus segera anda atasi sebelum hal-hal lain yang tidak diinginkan akan semakin parah,bukan hanya error saja tapi mencegah pencurian data penting anda lainnya.
Untuk mengatasinya anda harus membersihkan atau menghapus history dan cache tersebut, berikut cara-caranya berdasarkan browser yang digunakan:

Mozilla Firefox 3.6 dan 4.o

  • Klik menu Tools kemudian pilih Clear Recent History
  • Pastikan anda memilih opsi Cache dan Cookies
  • Klik rombol Clear Now
  • Restart browser

Google Chrome

  • Klik ikon “kunci” di pojok kanan atas, lalu pilih Option.
  • Pilih tab “Under the Hood“, lalu klik tombol “Clear browsing data…
  • Pastikan “Empty the cache” dan “Delete cookies and other site data” dipilih.
  • Klik “Clear browsing data.
  • Restart browser.

Internet Explorer 7.0

  • Klik “Tools” lalu “Delete Browsing History.
  • Di bagian “Temporary Internet Files“, klik “Delete Files” lalu “Yes.
  • Di bagian “Cookies“, klik “Delete Cookies” lalu pilih “Yes.
  • Klik “Close.
  • Restart browser.

Internet Explorer 8.0

  • Klik menu Tools lalu pilih “Internet Options.
  • Di jendela Internet Options pilih General tab
  • Di tab General pilih Browsing History, lalu klik tombol “Delete…
  • Di jendela “Delete Browsing History“, pastikan “Temporary Internet Files” dan “Cookies” dipilih
  • Klik tombol “Delete” lalu restart browser.

Internet Explorer 9

  • Pilih ikon gear di pojok kanan atas lalu pilih Safety > Delete browsing history…/
  • Pastikan Preserve Favorites tidak dipilih (uncheck) kemudian pilih kedua opsi ini Temporary Internet Files dan Cookies lalu klik Delete
  • Informasi konfirmasi akan tampil di bawah jendela Internet Explorer, bahwa anda telah berhasil menghapus cache dan cookies
Masalah lebih lanjt
Prosedur di atas adalah untuk membersihkan cache dan cookie situs web yang telah di kunjungi, tetapi situs tertentu dan aplikasi seperti WiscMail memerlukan prosedur yang lebih menyeluruh. Jika Anda masih mengalami masalah, coba langkah-langkah di bawah ini.
  • Tutup Internet Options. Klik Tools lalu pilih Developer Tools
  • Di jendela Developer Tools, klik Cache kemudian Clear Browser Cache…
  • Klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan browser cache

Safari Browser for Windows

  • Klik menu Edit lalu pilih Empty Cache…
  • Pilih beberapa opsi yang akan di hapus seperti Clear history, Clear the cache, Remove all cookies, dan yang lainnya..
  • Klik Reset

Opera Browser

  • Klik Menu di pojok kiri atas, pilih SettingsPreferences > Delete Private Data..
  • Di jendela “Delete Private Data“, klik “Detailed Options” kemudian pilih semua opsi tersebut
  • Klik tombol Delete
  • Restart Opera browser

Memberihkan cache Java Runtime for Windows

Jika aplikasi Java Runtime terinstall pada komputer, Anda juga perlu menghapus cache java tersebut. Berikut adalah cara untuk melakukannya:
  • klik Start menu lalu pilih Control panel
  • Cari dan buka aplikasi Java
  • Di tab General pilih tombol Settings
  • Jangan pilih checkbox “Keep temporary files on my computer.” lalu klik Delete files
  • Pastikan semua di ceklist atau dipilih dan klik OK
  • Tutup Java Control Panel tersebut
Data yang terhapus tidak hanya pada browser saja, tetapi pada hardisk komputer anda pun akan terhapus.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment